JAKARTA, 28 SEPTEMBER 2010
“ GAP “
HASIL PENDIDIKAN DENGAN TUNTUTAN LINGKUNGAN EKSTERNAL
Persoalan pendidikan saat ini sangat mengalami kesenjangan hanya sebuah materi. Teori, dsb. Tanpa adanya kreatifitas yang mahasiswa lakukan.
HASIL PENDIDIKAN
• Textbook / teoritis / orientasi intelektual skill
• Keterampilan menyelesaikan masalah sederhana
• Pembentukan sikap dasar normatif (etika,sopan,santun,disiplin,birokratis)
• Pola hubungan lebih formal, satu arah, dan otokratis
• “ sukses “, hasil / prestasi belajar
• Standar kompetensi basis lokal
TUNTUTAN EKSTERNAL
• Praktis aplikatif /orientasi intelektual dan emotional skill
• Masalah yang dihadapkan lebih complex
• Sikap profesional (demokratis,produktif,/kreatif,inovatif,adatif,melayani)
• Pola hubungan informal , terbuka, dan interaktif
• “ sukses “ hasil prestasi / karya
• Standar kompetensi global
Nilai yang diperoleh itu penting, tapi sebuah proseslah yang menentukan kemampuan.
Kegiatan belajar : harus ada yang berubah secara alami baik fisik maupun mental.
Pertumbuhan Pribadi
Penyelesaian Masalah Belajar Keterampilan hidup
Keterampilan Belajar
Dan Berpikir
Harus ada perasaan solving,
Learning to learn, life skill
Prinsip Hidup
* Be your self
* If you not for yourself
* Who will be for you
* Do your best
* But be prepared for the worst
Apabila ada kegagalan tidak bisa menyalahkan orang lain, maka harus saling membantu dalam proses pembelajaran, karena sebaik-baiknya seorang manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.
Sabtu, 02 Oktober 2010
Profesi Pendidikan " “ GAP “ HASIL PENDIDIKAN DENGAN TUNTUTAN LINGKUNGAN EKSTERNAL "


0 comments:
Posting Komentar