Sabtu, 25 September 2010

Profesi Pendidikan " Paradigma Baru Manajemen Pendidikan "


(Selasa, 21 September 2010)


Paradigma Baru Manajemen Pendidikan,

Paradigma adalah pandangan yang mendasar dari suatu cabang ilmu pengetahuan terhadap suatu masalah, jadi dapat disimpulkan bahwa paradigma baru manajemen pendidikan adalah suatu pandangan baru yang mendasar bagaimana melaksanakan dan mengatur proses pendidikan. dalam manajemen pendidikan mempunyai beberapa sifat, diantaranya :

* Kompetitif : mempunyai sifat daya saing dalam mencapai apa yang ingin diraih agar maksud tujuannya dapat tercapai dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

* Transparan : bersifat terbuka, apa adanya tanpa ada yang disembunyikan, mempunyai kejelasan dan kepastian.

* Spesialis : mempunyai keterampilan khusus dalam bidang tertentu, agar membuat kita menjadi lebih berbeda dan mahal dibandingkan dengan orang lain yang tidak mempunyai keterampilan tertentu.

* Profesional : mempunyai sifat menjunjung tinggi asas kedisiplinan karena sebagai orang yang disiplin disini, maka orang tersebut mempunyai komitmen untuk menjalankan segala pekerjaan harus dengan baik, dengan komitmen yang telah ia buat, maka membuat orang tersebut menjadi seorang yang profesional.

* Dinamis : bersifat selalu ingin menciptakan sesuatu yang baru.

* Adaptasi : selalu bersifat dapat menempatkan diri di lingkungan dimana dia berada dengan baik, karena lingkungan dapat mempengaruhi seseorang menjadi seseorang yang berkarakter seperti apa tergantung dari lingkungan tersebut.

hal - hal tersebut diatas sangat mempengaruhi seseorang dalam melaksanakan proses pendidikan, agar tercipta dan terlaksanya pendidikan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.

ada beberapa hal yang menjadi tuntutan terhadap " Kompetensi SDM "
* Pengetahuan / Wawasan Global
1. Konseptual yang integrafis
2. Orientasi Pada Solusi, Inovasi dan Kreatifitas
3. Nilai - Nilai Universal ( Lintas Budaya )

* Keterampilan Global
1. Komunikasi Multi Budaya
2. Pemanfaatan Teknologi Informasi
3. Pengembangan Intelektual + Emosional + Adversity Skill

* Sikap / Perilaku
1. Dinamis dan Fleksible
2. Inisiatif dan Proaktif
3. Inovatif dan Kreatif
4. Mandiri / Survive

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More