Senin, 18 Oktober 2010

Manusia


MANUSIA

Manusia secara fisik mempunyai perbedaan dengan makhluk lain (hewan ataupun tumbuhan, dll.) dan mempunyai suatu keistimewaan yaitu akal. Dari perbedaan fisik yang terlihat antara makhluk lain dengan manusia, berarti manusia itu mempunyai kriteria tertentu yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya meskipun mungkin secara fisik ada makhluk lain yang hampir mirip dengan manusia. Tapi itu belum tentu manusia karena manusia itu seperti tadi yang telah dijelaskan mempunyai kriteria tertentu. Kriteria tersebut bisa kita lihat dari fisik (mulai dari ujung kaki hingga kepala dan rambut). Akan tetapi, atas anugerah Yang Maha Kuasa antara manusia satu dengan lainnya meskipun kriteria yang bisa dikatakan makhluk manusia itu ada, pastilah ada perbedaannya baik itu secara fisik ataupun metafisiknya.
Dari perbedaan antara manusia satu dengan lainnya ini maka timbulah gender, ras, dan perbedaan lain yang disebabkan oleh perbedaan manusia satu dengan yang lainnya.
Jika kita bandingkan secara fisik maupun metafisik antara manusia dengan makhluk lainnya, bisa dikatakan bahwa kesamaan yang dimiliki oleh semuanya adalah bahwa semuanya merupakan makhluk yang diciptakan oleh yang menciptakan (Kholik). Selain itu, kesamaan dari makhluk hidup adalah bahwa semuanya pasti akan mati.
Akan tetapi, jika kita melihat perbedaan dari kesamaan yang telah diungkapkan di atas jelas sangat banyak perbedaannya. Perbedaan itu diantaranya yang paling mendasar menurut kami adalah bahwa manusia mempunyai akal sedangkan makhluk lainnya tidak.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More